Tuesday, April 7, 2020

Strategi dalam menghadapi tes TOEFL pada listenng section


Ketika mendengar soal listening, sahabat kalian harus fokuskan pada baris atau orang kedua dari percakapan tersebut. Jawaban pada soal percakapan singkat itu biasanya pada baris atau orang kedua.
Perhatikan, umumnya jawaban yang benar adalah ada pada pernyataan kata kunci atau ide pada orang kedua dalam percakapan itu.

Ingat! soal no 1 – 5 umumnya begitu mudah dan soal no 26 – 30 sangat sulit. Untuk itu sahabat harus benar-benar konsentrasi mendengarkannya.
Dengar dan baca hati-hati kemudian pilih jawaban yang tepat di setiap soal. Jangan biarkan ada soal yang tak terjawab. Jika sahabat tidak yakin maka bisa beri tanda dulu dengan simbol (+) kalau sulit dan simbol (–) jika agak mudah atau ssimbol lainnya yang memudahkan sahabat untuk menandakannya.

Jika sahabat) tidak paham dengan apa yang dibicarakan maka pilih jawaban yang sangat berbeda dari apa yang telah sahabat dengar dari soal itu.
Jangan sekali – kali sahabat pilih jawaban yang mirip dengan apa yang sahabat dengar dari soal percakapan itu. Karena itu adalah jebakan untuk menjawab soal listening.
Perhatikan kata synonim antara soal conversation dengan jawaban.

Hati-hati terhadap kata yang memiliki bunyi yang mirip. Seperti contohnya department dengan apartment ataupun kata – kata lainnya. Ini memerlukan konsentrasi pendengaran yang extra.
Perhatikan pula setiap ungkapan idiomatik dalam percakapan tersebut.
Setelah selesai memilih jawabannya maka cepat-cepat alihkan mata sahabat ke soal berikutnya.Hal yang perlu diperhatikan pada listening TOEFL ini ialah sahabat diharapkan memiliki pendengaran yang baik terhadap speaking bahasa inggris. Yang mana ini hanya bisa didapatkan dengan sering praktek listening.

Sahabat juga disarankan bisa mengenali kata yang memiliki ucapan yang sama dan mirip, satu kata, dua kata/phrase dan juga idiom.
Sewaktu ada kesempatan berbicaralah kepada native speaker untuk melatih secara langsung. Ini latihan telinga dan juga speaking.

Tonton berita dan laporan cuaca bahasa inggris karena bahasanya lebih similar dengan TOEFL, bukan film berbahasa inggris tapi untuk awal silakan anda sering lihat film karena mungkin fun dengan action artisnya juga.
Latih mendengar musik dengan menghayati soundnya bukan syair atau iramanya.
Sering dengarkan contoh soal listening TOEFL.




Contoh pertanyaan – pertanyaan  yang sering digunakan pada Listening Comprehension :
what does ——- mean ?
what does ——- imply about —– ?
what will ——-probably do ?
what are the speakers talking about ?
what did ——-suggest that —– do ?
what does ——-think about —– ?
what had ——-assumed about —– ?
Demikianlah pembahasan materi kali ini mengenai “ Strategi – Strategi Untuk Menjawab Soal Listening Pada Tes TOEFL “.

Sumber

No comments:

Post a Comment

STRATEGI READING DALAM MENGERJAKAN TOEFL

Teknik Membaca Diperlukannya teknik membaca yang baik dalam sesi ini, jika kamu ingin mengerjakan dengan baik serta mendapat hasil yan...