Thursday, June 11, 2020

STRATEGI READING DALAM MENGERJAKAN TOEFL



Teknik Membaca
Diperlukannya teknik membaca yang baik dalam sesi ini, jika kamu ingin mengerjakan dengan baik serta mendapat hasil yang maksimal. Terdapat dua teknik membaca yang bisa kamu gunakan, yaitu: teknik Skimming, dan Scanning.

Skimming adalah membaca cepat sebuah teks guna mendapatkan gagasan pokok, ide pokok, atau isi bacaan secara tepat. Tidak perlu mencari informasi yang spesifik, carilah ide pokoknya saja sehingga tidak perlu membaca seluruh bagian bacaan.
Scanning adalah membaca cepat sebuah teks untuk mencari informasi tertentu tanpa membaca yang lainnya atau secara keseluruhan.

Tips untuk mengerjakan soal di Reading section tes TOEFL:
·         Jangan terburu-buru saat membaca teks bacaan. Memang, kamu dibatasi dalam waktu yang tersedia, namun apabila kamu membaca dengan tidak teliti, kamu dapat membaca informasi dengan salah atau melewatkan hal yang penting.
·         Gunakan anotasi seperti garis bawah, lingkaran, atau apapun yang kamu inginkan untuk menandai kata-kata dan kalimat yang penting. Hal ini akan mempercepat proses penyaringan informasi dan membuat pencarian informasi yang relevan lebih mudah lagi.
·         Apabila kamu mempunyai waktu sisa, gunakan waktu tersebut untuk memeriksa kembali jawaban yang telah kamu isi. Tidak ada salahnya untuk memastikan bahwa kamu yakin dengan semua jawaban di tes TOEFL kamu.
·         Isilah semua pertanyaan yang ada. Walaupun kamu tidak tahu jawaban yang tepat untuk sebuah pertanyaan, tetap isi semua pertanyaan dengan cara menebak jawaban. TOEFL tidak akan mengurangi nilai kamu apabila kamu mengisi jawaban yang salah, maka dari itu gunakanlah kesempatan 25% yang kamu miliki untuk mendapatkan nilai.
·         Membaca dengan strategi. Ada baiknya untuk membaca teks secara singkat dahulu, baca semua pertanyaan yang ada, lalu setelah itu kembali membaca teks dengan lebih detil. Gunanya adalah, kamu dapat menyimpan pertanyaan-pertanyaan yang telah kamu baca di otak kamu saat membaca teks dengan seksama. Hal ini akan mempermudah kamu untuk mencari informasi relevan yang dibutuhkan untuk mengisi jawaban dan kamu akan tahu harus memfokuskan pikiran kamu ke bagian mana dalam teks tersebut.
·         Latihan dengan cara membaca banyak buku dan artikel sebelumnya. Biasakan mata dan otakmu untuk membaca teks berbahasa inggris, karena ini akan mempercepat dan melancarkan proses membacamu saat tes TOEFL. Ini juga akan memperluas kosa kata bahasa inggris kamu, dan membantu kamu saat mengerjakan soal.
·         Latihan dengan mengerjakan contoh soal dari situs-situs online, buku persiapan tes TOEFL, mengikuti les persiapan TOEFL, dan seterusnya. Banyak sekali sumber contoh soal yang dapat kamu akses dengan gratis untuk mempersiapkan kamu sebelum mengambil tes yang sebenarnya. Contoh-contoh soal dapat kamu cari di situs-situs berikut:


No comments:

Post a Comment

STRATEGI READING DALAM MENGERJAKAN TOEFL

Teknik Membaca Diperlukannya teknik membaca yang baik dalam sesi ini, jika kamu ingin mengerjakan dengan baik serta mendapat hasil yan...