Saturday, November 25, 2017

Analisis Jurnal 2



Judul Jurnal
PENGEMBANGAN MODEL BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI EDMODO UNTUK MATA PELAJARAN GEOGRAFI SMA
Penulis Jurnal
Muhammad Alwan

Latar Belakang Masalah
Pada hakikatnya bahwa geografi tidak hanya sebatas mempelajari tentang permukaan bumi, akan tetapi mempelajari goegrafi lebih luas daripada itu, geografi membahas berbagai hal yang ada dipermukaan bumi, di luar bumi, bahkan diluar angkasa pun menjadi objek pembahasan ilmu geografi. Yeates dan Hagget (1979) menjelaskan bahwa geografi merupakan ilmu pengetahuan tentang perkembangan nasional, pengujian terhadap teori-teori yang menjelaskan serta memperkirakan distribusi spasial dan lokasi berbagai karakteristik permukaan bumi. Fielding (1974) juga menambahkan bahwa geografi merupakan studi tentang lokasi, tatanan fenomena pada permukaan bumi, dan proses-proses yang menyebabkan distribusi fenomena tersebut.

Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan: model blended learning menggunakan Edmodo , tingkatan kelayakan model blended learning menggunakan Edmodo pada mata pelajaran geografi, dan efisiensi model blended learning dengan menggunakan Edmodo pada mata pelajaran geografi.

Hasil Penelitian
Model blended learning menggunakan Edmodo dikembangkan berdasarkan prosedur dan tahapan-tahapan yang sudah ditetapkan mulai dari tahap analisis hingga tahap evaluasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli model, sehingga menghasilkan produk berupa model blended learning yang memiliki tingkat valid, layak, dan efektif. Model yang dihasilkan berupa pola kegiatan pembelajaran yang meng-kombinasikan pembelajaran tatap muka (face to face), pembelajaran online meng-gunakan media sosial Edmodo, dan ke-giatan pembelajaran mandiri (offline).

Kelemahan penelitian didalam jurnal :
- Masih kurangnya penggunaan metode dalam kegiatan pembelajaran.

Kelebihan penelitian didalam jurnal :
- Memiliki tingkat akurasi kevalid-an yang layak.
Manfaat penelitian didalam jurnal :Memberikan pemahaman tentang model blended learning menggunakan edmodo.

No comments:

Post a Comment

STRATEGI READING DALAM MENGERJAKAN TOEFL

Teknik Membaca Diperlukannya teknik membaca yang baik dalam sesi ini, jika kamu ingin mengerjakan dengan baik serta mendapat hasil yan...